Jumat, 11 September 2009


Profil MLDC Faperik

LATAR BELAKANG ORGANISASI


Memasuki era globalisasi pada zaman ini, setiap sektor diharapkan dapat meningkatkan atau paling tidak dapat mempertahankan konstribusinya bagi kesinambungan pembangunan ekonomi nasional. Mengingat letak geografis dengan sektor kelautan yang merupakan potensi terbesar dalam wilayah Republik Indonesia, dan didorong akan tanggung jawab terhadap peningkatan kecerdasan bangsa, serta keinginan luhur untuk memberakan sumbangsih dan kewajiban untuk berpartisipasi aktif dalam pembangunan khususnya di bidang kelautan, karena :
1. Fakta fisik bahwa Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari kurang lebih 17.000 pulau, dengan garis pantai sekitar 81.000 km.
2. Sepanjang garis pantai dan bentangan perairan laut ini terkandung kekayaan sumber daya alam yang berlimpah baik yang dapat diperbaharui maupun yang tidak dapat diperbaharui.

Berpijak dari fakta diatas lahir keinginan dari kami sebagai komunitas mahasiswa Perikanan Universitas Muhammadiyah Luwuk untuk mengembangkan Perikanan dan kelautan di Indonesia Khususnya Kabupaten Banggai maka kami mendirikan suatu organisasi riset di bidang perikanan dan kelautan khususnya penyelaman yang merupakan salah satu cita-cita seluruh elemen perikanan dan Kelautan untuk menunjukkan jati diri Mahasiswa Fakultas Perikanan Universitas Muhammadiyah luwuk yang selalu sigap terhadap kemajuan teknologi.

Secara resmi pada tanggal 22 Juli 2009 lahirlah Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dengan nama Muhammadiyah Luwuk Diving Club (MLDC) Universitas Muhammadiyah Luwuk yang berkedudukan di Luwuk tepatnya di Fakultas perikanan Jurusan Budidaya perairan Universitas Muhammdiyah Luwuk. Kelembagaan dan kemampuan penyelaman yang berbasis masyarakat. Dan dalam pengaplikasiannya selalu mengingat asas yang dianut yaitu Tridharma Perguruan Tinggi (Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat).
“berfikir,berkarya dan berbudaya”

Dengan semboyan MLDC tersebut merupakan salah satu pendorong dalam meningkatkan profesionalisme anggota dan organisasi selam ini. Baik dalam penelitian, olahraga dan keilmuan

Visi

Didalam pergerakannya sebagai organisasi mahasiswa yang fokusnya pada isu lingkungan laut dan pesisir dan peningkatan sumberdaya manusia dalam bidang selam, MLDC berdasarkan aktivitasnya berlandaskan pada visi :
“ Mennciptakan Sumberdaya Selam yang Berwawasan Lingkungan ”.

Tujuan

Berdasarkan latar belakang pendiriannya maka telah dikutip sebuah tujuan dan merupakan arah dari organisasi ini yaitu untuk mengembangkan profesionalisme di bidang perikanan dan kelautan dengan berusaha mengembangkan Sumber daya Manusia yang cakap dan terlatih dalam pengembangan bidang perikanan dan kelautan, dengan melakukan kegiatan riset/penelitian, pelatihan dan olahraga juga ikut serta dalam pengembagan wilayah pesisir di Indonesia khususnya pada umunya dan terkhususnya kabupaten banggai.sulawesi tengah

Kegiatan

Kegiatan MLDC yang telah dilakukan selama ini terutama masih berdasarkan pada Tridarma Perguruan Tinggi (Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat). Manifestasi dilakukan dalam bentuk usaha peningkatan sumberdaya anggota lewat pelatihan-pelatihan, penelitian maupun penyadaran masyarakat tentang kegiatan penyelaman yang aman serta bentuk kegiatan konservasi lingkungan laut. Selanjutnya sebagai bentuk kepedulian dengan mengadakan monitoring terumbu karang, baksos,Penyuluhan pada Masyarakat. Untuk saat ini kegiatan yang dilakukan masih bertaraf local.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar